OFFICIAL PARTNER TIKET.COM

OFFICIAL PARTNER TIKET.COM

JUAL TEH HITAM BLESSTEA

TIKET PROMO MURAH PESAWAT,HOTEL,KA,KONSER,RENTAL MOBIL,DLL

DICARI DISTRIBUTOR/AGEN DISELURUH INDONESIA

DICARI DISTRIBUTOR/AGEN DISELURUH INDONESIA
HUB ALI,ST Ph.M : SMS/WA:081533188336(INDOSAT) HP:085297399316(TELKOMSEL) PIN BB:24A70143 & 75935E8C

Sabtu, 09 Agustus 2014

PERJALANAN TEH DIDUNIA

Kisah SHEN NUNG.
Negeri China dipercayai sebagai tempat kelahiran tanaman teh, bahkan kata teh berasal dari bahasa China Amoy yaitu kata “Te”. Teh dipercaya memiliki segudang manfaat dan kebaikan di dalamnya bagi yang meminumnya seperti memperkuat gigi, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi, menangkal kolesterol dan mencegah pertumbuhan kanker. Namun di balik segala khasiat yang dikandungnya, ternyata teh juga memiliki sejarah, mitos penemuan, danperkembangan yang sangat unik.Sejarah Penemuan Teh Pertama Menurut sejarah, teh diperkirakan ditemukan oleh seorang Kaisar Kekaisaran China bernama Shen Nung yang hidup pada sekitar tahun 2737 sebelum Masehi. Kaisar Shen Nungtidak hanya dikenal sebagai seorang Kaisar, tetapi juga sebagai Bapak Tanaman Obat-Obatan Tradisional China saat itu, dan mendapat julukan The Divine Healer (Sang Penyembuh dari Ilahi).Cerita penemuan teh oleh sang Kaisar sangat tidak disengaja. Konon kabarnya, pada suatu hari ketika sang Kaisar sedang bekerja di salah satu sudut kebunnya, terlebih dahulu ia merebus air dikuali di bawah rindangan pohon. Secara kebetulan, angin bertiup cukup keras dan menggugurkan beberapa helai daun pohon tersebut dan jatuh kedalam rebusan air dan terseduh, aroma sedap langsung muncul membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya. Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daunteh juga sangat disukai oleh Sang Kaisar karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh dan sejak itu teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru China.
Kisah DARUMA.
Mitos Penemuan Teh di Jepang Legenda di jepang percaya bahwa Daruma lah sang penemu dari minuman teh. Daruma adalah pembawa ajaran agama Zen Buddha (Father of Zen Buddha) di Jepang pada tahun600 Masehi. Terdapat beberapa versi tentang penemuan tanaman teh diJepang yang dihubungkan dengan Daruma. Legenda menyebutkan bahwa Daruma yang sedang mempelajari agama Zen Buddha tersebut tahan duduk bertapa tanpa tidur ataupun memejamkan matanya selama 7 tahun (ada yang menyebutkan 9 tahun). Versi lain menyebutkan Daruma duduk bertapa tanpa bergerak sampai akhirnya kedua kakinya lumpuh.
Dan yang terakhir legenda paling eksterm menyebutkan bahwa sewaktu Daruma sedang bertapa, ia tertidur dan ketika terjaga ia sangat marah karena ia sampai tertidur pada saat bertapa. Daruma sengaja merobek kedua kelopak matanya untuk menghindari tertidur pada saat bertapa. Kelopak matanya terjatuh di tanah. Menurut legenda keajaiban terjadi ketika tempat dimana kelopak mata tersebut jatuh, tumbuh tanaman teh yang pertama di Jepang. Hal tersebut yang membuat Daruma terkenal dengan kedua matanya yang besar sebagai ikon dan dijadikan boneka terkenal di negeri Jepang.
Sumber Lain.
Sumber lain menyebutkan pula bahwa Tulisan pertama tentang teh berasal dari buku berbahasa China, Ben-cao sekitar tahun 2700 SM. Sekitar tahun 500 M, teh dibawa ke Jepang (bukti tertulis pertama berasal dari tahun 729 M). Sejak itu di Jepang berkembang upacara minum teh di biara-biara Zen. Ritual upacara persiapan minum teh sampai saat ini berkembang sebagai ajang latihan menuju jalan pencerahan.Kemudian, untuk pertama kalinya pada tahun 780 Masehi seorang cendekiawan bernama Lu Yu mengumpulkan dan membukukan temuan-temuan akan manfaat dan kegunaan teh kedalam sebuah literatur mengenai teh, yaitu Ch’a Cing atau The Classic of Tea. Buku tersebut menggambarkan “Teh merupakan minuman yang membuat kita lebih bersemangat bila meminumnya, menentramkan hati, membuka pikiran dan mencegah rasa kantuk, membuat badan terasa ringan dan segar serta meningkatkan kemampuan berpikir”.Pada masa Dinasti Ming (1368–1644), bangsa China mulai menyeduh teh dengan air mendidih. Dengan sedikit adaptasi, tempat penuang anggur tradisional dari China yang menggunakan penutup menjadi teko teh yang sempurna.
PENYEBARAN TEH DUNIAA.   
Jalur Sutra.
Selama masa pemerintahan Dinasti Han Tang Soon dan Yuan, komoditas Teh diperkenalkan ke dunia luar (dari China) melalui pertukaran kebudayaan menyeberangi Asia Tengah menyelusuri Jalur Sutera.
East India Company.
East India Company atau Perusahaan Hindia Timur Britania yang didirikan oleh Ratu Elizabeth I pada 31 Desember 1600 yang bertujuan untuk memonopoli perdagangan di Hindia Timur.Teh diperkenalkan pertama kali ke Eropa oleh pedagang-pedagang Arab. Mulai tahun 1610 kapal-kapal dagang Belanda membawa teh dariJepang dan China.Pada tahun 1644, East India Company yaitu perusahaan perdagangan Inggris dibawah pemerintahan Ratu Elizabeth I – membuka kantor di Xiamen. Pada masa itulah, daun Teh dikenal umum sebagai minuman yang diseduh dengan air panas. Dan tahun 1669, East India company mendapatkan lisensi mendatangkan komoditas Teh dari China ke Inggris dengan menggunakan kapal Elizabeth I. Monopoli perdagangan teh dikuasainya selama sembilan tahun, sampai dengan tahun 1833.Di awal abad ke-19 para Teeclipper berlayar mengelilingi Afrika menuju Eropa. Saat Terusan Suez dibuka pada tahun 1869, jarak perjalanan bisa diperpendek sekitar 7000 km.
Boston Tea Party.
Mulai abad ke-17 teh dibawa lewat jalan darat dari China ke Eropa lewat Rusia. Teh yang dibawa oleh karavan-karavan Rusia kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan teh yang dibawa lewat laut dan sudah tersimpan di ruang lembab dan bau.Kaum imigran Inggris membawa teh ke New England dan menjadikannya minuman yang digemari, terutama di kalangan masyarakat golongan atas, yang rutin mengadakan Tea Party. Pada tahun 1760 teh menempati posisi ketiga barang yang dieksport ke New England.Bagian cukup menarik dari kisah perdagangan teh oleh bangsa Inggris adalah Ketika Inggris menaikkan pajak teh untuk menutupi krisis keuangan yang melanda negara ini setelah perang tujuh tahun, East India Company pada tahun 1773 boleh berdagang teh langsung dari China ke Amerika (yang pada saat itu masih termasuk ke dalam koloni bangsa Inggris) dengan memotong jalur perdagangan dan perpajakan yang merugikan exportir Eropa dan Importir Amerika.Peristiwa itu mengakibatkan marahnya penduduk Boston, timbul kerusuhan yang dilakukan oleh orang-orang Freemason yang berpakaian seperti orang Indian Mohikan. Pada saat kapal-kapal pengangkut komoditas teh East India Company merapat di pelabuhan Kota Boston, maka serentak penduduk kota tersebut menaiki kapal dan membuang 342 peti yang berisi komoditas Teh kedalam laut peristiwa itu dikenal dalam sejarah sebagai BOSTON TEA PARTY yang berakibat pula tercetusnya perang revolusi Bangsa Amerika terhadap penjajahan bangsa Inggris pada tahun 1775-1783.
Masuknya Teh ke Indonesia.
Tanaman teh pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1684, berupa biji teh dari Jepang yang dibawa oleh seorang Jerman bernama Andreas Cleyer, dan ditanam sebagai tanaman hias di Jakarta. Pada tahun 1694,seorang pendeta bernama F. Valentijn melaporkan melihat perdu teh muda berasal dari China tumbuh di Taman Istana Gubernur Jenderal Champuys di Jakarta.Baru pada tahun 1728, pemerintah Belanda mulai memperhatikan Teh dengan mendatangkan biji-biji Teh secara besar-besaran dari China untuk dibudayakan di pulau Jawa. Usaha tersebut tidak terlalu berhasil dan baru berhasil setelah pada tahun 1824Dr.VanSiebold seorang ahli bedah tentara Hindia Belanda yang pernah melakukan penelitian alam di Jepang mempromosikan usaha pembudidayaan dengan bibit Teh dari Jepang.Pada tahun 1826 tanaman teh berhasil ditanam melengkapi Kebun Raya Bogor, dan pada tahun 1827 di Kebun Percobaan Cisurupan, Garut,Jawa Barat. Berhasilnya penanaman percobaan skala besar di Wanayasa (Purwakarta) dan di Raung (Banyuwangi) membuka jalan bagi Jacobus Isidorus Loudewijk Levian Jacobson, seorang ahli teh, menaruh landasan bagi usaha perkebunan teh di Jawa.Usaha perkebunan Teh pertama dipelopori oleh Jacobson ini sejak itu menjadi komoditas yang menguntungkan pemerintah Hindia Belanda, sehingga pada tahun 1828, masa pemerintahan Gubernur Van Den Bosh, Teh menjadi salah satu tanaman yang harus ditanam rakyat melalui politik Tanam Paksa (Culture Stetsel). Pada masa kemerdekaan, usaha perkebunan dan perdagangan Teh diambil alih oleh pemerintah RI. Sekarang, perkebunan dan perdagangan Teh juga dilakukan oleh pihak swasta.Saat ini negara pengimport teh terbesar adalah Inggris, Jepang, Pakistan, USA dan Mesir. Jerman mengimport teh terutama dari India, Srilanka, Indonesia dan Kenya. Di Jerman sendiri pada tahun 1999 sekitar 29 liter teh diminum oleh setiap satu orang Jerman. Bayangkan betapa banyaknya orang yang minum teh di dunia dan betapa banyaknya teh yang diminum di dunia.Di Indonesia teh pun sudah menjadi kultur tersendiri dan memiliki sejarah panjang yang tak kalah panjangnya dengan sejarah teh di dunia. Mungkin juga sepanjang sejarah peradaban manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar